Mail Merge

 Hello everyone ๐Ÿ‘‹


Hari ini aku Aisyah syafitri atau yang sering dipanggil asa, akan menjelaskan tentang Mail merge.


mail merge ada yang menyebutnya sebagai surat gabung ada juga yang menyebutnya sebagai surat massal. surat gabung karena menggabungkan dua sistem aplikasi sehingga aplikasi utama dapat mengambil data dari aplikasi sumber.


Eg: Microsoft Word mengambil data yang ada pada microsoft excel.


disebut surat massal karena biasanya member ini digunakan untuk mengirimkan surat atau berkas ke banyak orang dengan menggunakan template yang sama namun berbeda informasi datanya


Nantinya, Surat yang terdapat di microsoft word akan digabungkan dengan database yang terdapat di microsoft exel. Gimana caranya menggabungkannya? 


1. Ke Menu Mailings 

92E65F09-A780-4B21-AD49-03255241F5C4.jpeg


2. Tekan Start Mail Merge

FDD62C16-6AC6-4852-8D44-FD62534D1F7E.jpeg


3. Klik Letters 

6DC8DE38-0D2F-4E1D-B291-FDBA90480C14.jpeg


4. Klik Sellect Recipients

8FBAB18B-BBBA-44AA-9830-1956F7F49B0C.jpeg


5. Ada 3 pilihan : 


E22997B9-DA6D-4E99-994C-1AA85DF3A386.jpeg


  • Type a new list
  • Choose from outlook contacts
  • Use an existing list


6. Klik File


7. Pilih data microsoft exel 


33CB9BF5-3758-4D98-989C-4E48B26123A5.jpeg

8. Klik ok

DE4406E1-7867-4FD9-B42D-D6C3B4B3A35B.jpeg


9. Klik Insert Merge Field

4409EA0A-6DBB-4B50-8DF9-201351E4083A.jpeg


10. Klik sesuai data seperti nama,kelas, dan seterusnya hingga selesai

2D81C1B9-69DF-4165-80E5-F8B7CA8413A7.jpeg


11.kalian bisa rapihkan sesuai dengan ketentuan yang kalian mau

12. Jika sudah selesai bisa klik finish&merge


Mungkin sekian untuk penjelasan saya kali ini, terimakasih, see u next time buddie ๐Ÿ‘‹

Komentar

Postingan Populer