Mail Merge
Hello everyone 👋
Hari ini aku Aisyah syafitri atau yang sering dipanggil asa, akan menjelaskan tentang Mail merge.
mail merge ada yang menyebutnya sebagai surat gabung ada juga yang menyebutnya sebagai surat massal. surat gabung karena menggabungkan dua sistem aplikasi sehingga aplikasi utama dapat mengambil data dari aplikasi sumber.
Eg: Microsoft Word mengambil data yang ada pada microsoft excel.
disebut surat massal karena biasanya member ini digunakan untuk mengirimkan surat atau berkas ke banyak orang dengan menggunakan template yang sama namun berbeda informasi datanya
Nantinya, Surat yang terdapat di microsoft word akan digabungkan dengan database yang terdapat di microsoft exel. Gimana caranya menggabungkannya?
1. Ke Menu Mailings
2. Tekan Start Mail Merge
3. Klik Letters
4. Klik Sellect Recipients
5. Ada 3 pilihan :
- Type a new list
- Choose from outlook contacts
- Use an existing list
6. Klik File
7. Pilih data microsoft exel
8. Klik ok
9. Klik Insert Merge Field
10. Klik sesuai data seperti nama,kelas, dan seterusnya hingga selesai
11.kalian bisa rapihkan sesuai dengan ketentuan yang kalian mau
12. Jika sudah selesai bisa klik finish&merge
Mungkin sekian untuk penjelasan saya kali ini, terimakasih, see u next time buddie 👋
Komentar
Posting Komentar